Proses Rendering pada Animasi Cel serta Tahapan yang Dilakukan

Pada dasarnya, rendering adalah salah satu bagian dalam 3D komputer grafis dan praktiknya saling berhubungan dengan aspek lain. Dalam pelaksanaannya, jasa render 3D tidak hanya digunakan untuk keperluan game programming. Rendering ini acap diaplikasikan untuk keperluan simulator, arsitektur, maupun menghadirkan spesial efek di tayangan televisi. Di setiap bidang memiliki perbedaan dalam keseimbangan teknik dan features. Meski kadang kala rendering diintegrasikan menggunakan model lebih besar.

jasa render 3d

Rendering difungsikan agar bisa menghasilkan citra dua dimensi dari data tiga dimensi. Proses ini dimaksudkan untuk mewujudkan pada user tentang data tiga dimensi melalui monitor atau pecetak yang bisa menampilkan data dua dimensi. Dalam penerapannya, rendering sangat penting bagi keperluan animasi cel. Lantas, proses animasi cel apa saja yang menggunakan jasa render 3D ini? Perhatikan ulasan berikut ini.

Animasi Cel yang berasal dari kata “Celluloid” adalah materi yang dipakai untuk menghasilkan film gambar gerak pada masa kehadiran film animasi. Bergulirnya waktu, material film sudah menggunakan asetat yang biasanya digambar melalui tangan.

Acapkali animasi ini berbentuk lembaran seperti animasi tunggal. Masing-masing sel adalah bagian yang tidak terpisah, misalnya antara objek dan latar belakang sehingga tampak bergerak sendiri. Misalnya, seorang animator membuat animasi orang berjalan. Langkah pertama yang dilakukan adalah menggambar latar belakang, selanjutnya karakter berjalan di lembar lainnya. Kemudian, animator akan membuat lembaran berisi karakter ketika kakunya diangkat dan berakhir pada kaki dilangkahkan.

Dalam proses pembuatannya, adalah sebagai berikut.

  1. Ide/storyboard berdasarkan sketsa maupun tulisan.
  2. Rekaman suara
  3. Mempersiapkan musik, soundtrack, dan lain sebagainya.
  4. Animatic sesudah soundtrack dibuat, tepatnya sebelum animasi diselesaikan.
  5. Desain dan waktu.
  6. Layout, meliputi lighting, penataan kamera, dan shading.
  7. Animation.
  8. Background.
  9. Traditional ink and paint.
  10. Digital ink and paint.

Setelah proses tersebut selesai tinggal memberikannya ke rendering 3D sebagai tahap akhir. Penetuan kualitas animasi tersebut ditentukan dari proses render.

Itulah artikel mengenai rendering 3D pada animasi cel hingga tahap-tahap yang diperlukan. Sekian dari kami, semoga bermanfaat.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *