Menumbuhkan Jiwa Sosial Pada Usia Anak-Anak

Orangtua merupakan sosok yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Dimana dalam masa tumbuh kembangnya, anak-anak juga perlu dilatih untuk memiliki jiwa sosial. Dengan begitu maka kelak nantinya seorang anak akan tumbuh menjadi pribadi yang berguna untuk lingkungan sekitarnya. Untuk itulah tugas orang tua sangatlah penting dalam menumbuhkan nilai sosial pada anak-anak supaya kelak ketika sudah dewasa akan menjadi pribadi yang peka terhadap sekitar.

khanfarkhan.com

Mendidik anak memang bukanlah pekerjaan yang mudah karena membutuhkan kerja keras dan ketelatenan. Namun tak perlu khawatir bagi orangtua yang ingin menumbuhkan jiwa sosial sekaligus mendidik anak. Sebab ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam upaya menumbuhkan beberapa tips berikut ini.

  1. Ajarkan Cara Bersosialisasi
    Perlu diketahui bahwa kepribadian anak terbentuk dari pendidikan yang ditanamkan oleh orangtua. Dimana orangtua harus memberitahu anak bahwa mereka memiliki peran yang penting dalam keluarga, Untuk itulah orangtua harus meluangkan waktu bermain serta belajar bersama buah hatinya. Selain itu orangtua harus mengajrkan anak untuk berman dengan siap saja temannya tanpa memilih teman.
  2. Menanamkan Sifat Berbagi
    Biasakan untuk melatih anak berbagai baik di rumah maupun di luar rumah. Cara ini bisa dilakukan dengan mengajak mereka berbagai makanan yang dimiliki baik dengan saudara maupun teman bermainnya.
  3. Menumbuhkan Sifat Peduli
    Ajarkan anak untuk memiliki sifat peduli dengan lingkungan sekitar. Misalnya saja dengan mengajari anak membuang sampah di tempat sampah, membersihkan lantai rumah yang kotor dan lain sebagainya. Selain itu ajari pula mereka kepedulian terhadap hal lain dan dimulai dari hal-hal yang sederhana.
  4. Ajarkan Bersedekah
    Sejak kecil, ajaklah anak-anak untuk belajar bersedekah untuk membangun nilai spiritual serta berjiwa sosial. Carana dengan mengajarkan anak belajar memasukkan uang ke dalam kotak amal. Bila anak sudah mulai tahu tentang sedekah maka berikan pengetahuan tentang sedekah secara terus menerus pada waktu lain.
  5. Membiasakan Kata Tolong dan Terimakasih
    Dua kata yaitu tolong dan terimakasih harus selalu melekat pada anak. Dimana kata-kaa tersebut memiliki makna penghormatan dan penghargaan. Orangtua harus selalu mengingatkan anak untuk menerapkan dua kata tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menumbuhkan jiwa sosial pada usia anak-anak yang bisa diterapkan oleh para orangtua. Melalui informasi di atas kini para orangtua bisa belajar mendidik anak agar berjiwa sosial sejak masih kecil. Dengan begitu kelak saat sudah dewasa mereka sudah memiliki jiwa sosial yang bagus untuk kehidupannya.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *