Cara Orang Kaya Mengatur Keuangan

Sekarang ini, banyak orang yang memiliki profesi sebagai perencana keuangan. Mereka membantu sang klien untuk mengatur keuangan agar penempatan dana menjadi lebih tepat di masa depan. Sebenarnya, tanpa menggunakan jasa mereka, Anda juga dapat mengatur keuangan dengan baik.

lifepal.co.id

Mungkin pernah terbesit dalam benak Anda, bagaimana orang kaya dapat mengatur keuangannya dengan baik? Pada dasarnya, setiap orang yang mempunyai rencana keuangan terarah akan memegang kontrol keuangan dengan lebih baik. Oleh karena itu, mulai sekarang, sangat baik jika Anda pun mengikuti jejak orang kaya dengan memiliki sebuah rencana keuangan masa depan.

Untuk menyusun rencana keuangan, berikut langkah sederhana yang biasanya dilakukan oleh orang kaya:

Memiliki tujuan keuangan yang jelas

Apakah Anda pernah bertanya pada diri sendiri “Apa tujuan keuangan di masa depan?”. Meskipun pertanyaan ini terlihat klise, namun Anda harus menjawabnya. Anda harus menentukan, seperti apa kondisi Anda dalam 10 tahun ke depan.

Jangan menjawab hal-hal yang umum seperti “ingin sukses?”. Namun, buat hal yang spesifik seperti “ingin memiliki tabungan sejumlah Rp 200 juta”. Setelah tujuan yang Anda miliki sudah tertanam di dalam benak, Anda bisa menyusun rencana untuk sampai pada tujuan tersebut.

Ketahui penghasilan Anda saat ini

Anda tidak mungkin bisa sampai ke tujuan jika tidak mulai melangkah dari sekarang. Untuk mulai melangkah, Anda bisa menghitung berapa penghasilan selama satu bulan. Setelah itu tulis berapa banyak jumlah hutang, mulai dari kredit motor, kredit mobil, kartu kredit, kredit HP dan yang lainnya.

Rinci pengeluaran selama satu bulan

Jika Anda ingin mencari tahu kemana saja uang yang Anda miliki pergi, sediakan catatan kecil untuk hitung pengeluaran Anda setiap harinya. Hitung seluruh pengeluaran mulai dari cicilan rumah, biaya transportasi, makanan dan pengeluaran lainnya.

Jadikan hal ini sebagai kebiasaan baik. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui apakah pengeluaran yang Anda lakukan sudah sesuai perencanaan atau belum.

Bila Anda menemukan pengeluaran yang terlihat besar, tidak ada salahnya untuk menguranginya di bulan berikutnya. Contohnya, bulan ini Anda terlalu banyak nongkrong dan makan di luar. Tidak ada salahnya mulai mengurangi nongkrong dan membawa bekal saat pergi ke kantor.

Bayar hutang segera

Apakah Anda sekarang ini memiliki hutang dengan bunga cukup tinggi? jika demikian, Anda harus segera mulai untuk melunasinya. Hutang bunga tinggi dapat menelan pendapatan cukup besar.

Usahakan untuk melunasinya sesegera mungkin, dan jauhi hutang kecuali untuk hal-hal yang produktif.

Bangun investasi Anda mulai dari sekarang

Sebagai millenial, diwajibkan untuk lebih “melek” investasi. Investasi yang Anda lakukan di masa sekarang akan menjaga kehidupan Anda di masa mendatang dengan baik.

Tetapi, sebelum melakukan investasi, usahakan untuk selalu mempelajari dan memahami berbagai risikonya terlebih dahulu. Semakin tinggi potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan, akan semakin besar pula risiko yang akan Anda temui nantinya.

Membeli Polis Asuransi

Secara teori, setiap hal yang kita lakukan sebenarnya memiliki risiko, namun risiko yang akan kita lalui dapat diminimalkan. Risiko dalam kehidupan mulai dari risiko jiwa hingga kesehatan, semuanya mengarah pada sebuah ancaman. Sebagian orang menyadari pentingnya jaminan finansial dan membeli asuransi.

Bagi orang kaya, asuransi bukan menjadi kebutuhan tersier, namun berubah menjadi prioritas. Sebab dengan mengikuti asuransi bisa memproteksi hal-hal buruk yang mungkin terjadi di masa depan.

Demi kenyamanan finansial, sebaiknya mulai dari sekarang Anda juga ikuti menyiapkan asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa. Untuk memilih asuransi yang tepat bagi keluarga, Anda dapat mengunjungi Lifepal.co.id. Di sana, ada berbagai macam produk asuransi yang sesuai budget bulanan yang sudah Anda sediakan.

Monitor secara berkala seluruh rencana Anda

Agar dapat mewujudkan rencana keuangan di masa mendatang, kebiasaan baik di atas tidak bisa hanya dilakukan sesekali, namun harus secara berkesinambungan.

Untuk memulainya memang membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Apalagi untuk menjauhi hutang. Godaan menggunakan kartu kredit atau pun pinjaman online selalu datang. Kita sendirilah yang harus tegas, agar tidak terjerumus dalam kesalahan finansial berulang kali.

Jadi, kapan Anda mau mulai mencobanya? Coba segera mulai bikin perencanaan keuangan dan jadikan itu sebagai kompas untuk mengelola keuangan Anda.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *