Cara  Mudah Melukis Untuk Pemula

Posted on

Melukis menjadi salah satu media di mana banyak orang mampu mengekspresikan emosi dan anggapan mereka. Banyak objek yang bisa kamu jadikan untuk melukis, seperti lukisan pemandangan, lukisan flora maupun fauna. Jika melukis cuma sebagai hobi, kamu tidak perlu memiliki pengalaman di awalnya untuk melukis. Kamu dapat melukis sesuka hati dengan bahan apa pun dan langkah melukis yang kamu bisa.

lukisan flora

Disisi lain, jika kalau kamu mau belajar serius, kamu perlu tau langkah melukis dengan benar, mampu menentukan tipe cat sesuai keperluanmu, menentukan tipe kuas, dan perlengkapan lainnya. Setelah itu baru membiasakan diri untuk mengkombinasikan warna, menerapkan prinsip-prinsip artistik, dan menciptakan karya senimu sendiri. Biar ketrampilan melukismu meningkat, ketahui terlebih dahulu langkah-langkah langkah melukis berikut ini.

  1. Memilih Objek

Jika kamu masih step awal belajar melukis, pilihlah suatu objek terlebih dahulu (bisa gambar datar atau objek 3D langsung) untuk dilukis. Untuk memulai, temukan suatu gambar dengan garis dan wujud dasar, tanpa terlalu banyak warna.

  1. Membuat Sketsa

Membuat sketsa sebenarnya bukanlah suatu keharusan sebelum  melukis. Tapi membawa dampak sketsa mampu membantumu dalam menggambar garis wujud kasar figur. Gunakan pensil grafit tipis untuk mensketsa garis wujud dan figur pada kanvas.

  1. Cari Sumber Pencahayaan

Warna yang kamu campurkan dan tata letak cat pada kanvas dapat bergantung pada sumber sinar pada lukisanmu. Sebelum mulai melukis, tentukan sumber cahaya dan daerah paling terang dan juga paling gelap dari objekmu. Campurkan cat dengan mengingat hal berikut untuk menciptakan lebih dari satu shade.

  1. Mulai Melukis Latar

Saat ingin mulai melukis, disarankan  melukis dari belakang ke depan untuk membantumu melapiskan benda dengan pas dan menciptakan persepsi jarak. Latar belakang mestinya dilukis terlebih dahulu baru menambahkan objek yang lebih dekat setelahnya.

  1. Menggambar Objek Utama

Saat kamu selesai melukis latar belakanganya, kamu mampu menambahkan objek dan bentuk. Objek utama merupakan pusat perhatian untuk lukisan. Jadi, terlalu penting untuk memusatkan perhatian dengan menggabungkan semua unsur seni pada objek utamanya.

  1. Tambahkan Detail

Setelah kamu selesai melukis keseluruhan lukisan, tambahkan detail yang kamu ingin untuk latar belakang dan figur. Kamu mampu menambahkan tekstur dengan kuas, bubuhan, atau figur yang kecil sebagai lapisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *