Cara Menumbuhkan Sikap Toleransi Pada Diri Anak

Tak bisa dipungkiri dalam kehidupan sehari-hari pasti akan ada perbedaan baik dari segi pendapat, keyakinan, budaya dan lain sebagainya. Seperti yang sudah diketahui bahwa perbedaan dalam kehidupan memang wajar terjadi namun jangan sampai perbedaan tersebut membuat hubungan sesama manusia menjadi renggang. Biasanya adanya hubungan yang renggang dalam kehidupan sehari-hari disebabkan oleh minimnya toleransi sesama individu.

www.dosenpendidikan.co.id

Perlu anda ketahui bahwa toleransi merupakan kunci utama dalam menciptakan perdamaian. Dengan melihat pentingnya toleransi dalam kehidupan maka sebaiknya para orangtua perlu memanamkan sikap toleransi pada anak sejak dini. Dengan menumbuhkan sikap toleransi sejak masa anak-anak maka bisa dipastikan kelak sikap tersebut akan terus ada hingga mereka dewasa. Untuk membantu para orangtua dalam menumbuhkan sikap toleransi pada anak maka https://www.dosenpendidikan.co.id/ akan memberikan beberapa cara-caranya.

  1. Ajarkan Tentang Mencintai
    Untuk menumbuhkan sikap toleransi pada anak maka anda bisa memberikan contoh pada anak agar belajar mencintai orang lain meskipun mempunyai perbedaan. Ajaklah anak untuk bisa menolong orang lain meskipun berbeda kondisi.
  2. Pahami Diri Sendiri
    Tidak ada seseorang yang tidak memiliki batasan untuk dirinya sendiri. Sehingga sangat penting bagi anda untuk memahami sejauh mana batasan tersebut serta perbedaan yang sulit ditoleransi oleh anak. Selain itu anda juga perlu membantu anak untuk memahami kondisi tersebut supaya dia mampu menoleransinya.
  3. Ubah Stereotip
    Manusia memang makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain. Dalan menjalani kehidupan tersebut memang dibutuhkan toleransi meskipun tidak bisa sempurna. Selama ini banyak bermunculan stereotip serta penghakiman yang diekspos di media sosial oleh golongan tertentu. Bahkan secara tidak langsung anda juga bisa ikut terlibat dalam penghakiman tersebut. Oleh karena itu anda juga harus berusaha keras supaya tidak berpartisipasi di dalam lelucon yang bisa menyudutkan orang lain akibat perbedaan.
  4. Dekatkan pada Perbedaan
    Cara yang termudah untuk menumbuhkan sikap toleransi pada anak yaitu dengan mengajak mereka bisa melihat langsung perbedaan dalam lingkungan sekitar. Anda bisa menggunakan buku sebagai media pengenalan perbedaan sekaligus mengajarkan toleransi.
  5. Asah Kepercayaan Diri
    Bila anakmempunyai kepercayaan diri yang baik maka dia tidak akan merasa terganggu dengan adanya perbedaan yang dimiliki orang lain. Bahkan para ahli juga mengatakan bahwa seorang anak bisa merasa aman dengan dirinya sendiri, mengeksplorasi serta menerima perbedaan yang ada di sekitarnya.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara menumbuhkan sikap toleransi pada anak yang bisa anda terapkan sendiri di rumah. Jika anda membutuhkan informasi yang lebih lengkap seputar pembahasan di atas maka silakan kunjungi situs berikut https://www.dosenpendidikan.co.id/.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *