Tips  Mengatasi Rayap dengan Mengenali Ciri dan Perilakunya

Tak hanya mengancam keselamatan keluarga Anda, dampak yang ditimbulkan oleh hama rayap tak jarang menelan biaya perbaikan yang sangat besar. Tak jarang pemilik rumah harus melakukan renovasi atau merekonstruksi ulang bangunan yang telah digerogoti oleh rayap. Parahnya lagi, keberadaan rayap ini seringkali dianggap sepele. Jasa anti rayap pun tidak dapat membantu meringankan biaya perbaikan.

Jasa Anti Rayap

Mengenali Rayap untuk Penanganan yang Lebih Spesifik

Mencegah rayap bukanlah pekerjaan sepele meskipun serangga ini berukuran kecil dan terlihat sepele. Mengingat dampak yang ditimbulkan dan sifat serangannya yang tak terdeteksi, diperlukan cara yang tepat untuk mencegah dan menanganinya. Kali ini kami mengajak Anda untuk mengenali asal-muasal, kebiasaan dan lingkungan yang dibutuhkan oleh hama rayap untuk hidup. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam memproteksi ruma dari rayap.

Faktor utama yang mengundang rayap datang ke rumah Anda adalah tingkat kelembaban serta penggunaan material kayu seperti pada lemari, pintu dan lemari. Anda dapat memperkirakan keberadaan rayap dari kedua perimeter ini untuk mengenali serangan;

Rayap tanah; adalah rayap yang paling umum dijumpai di Indonesia dan banyak merusak bangunan gedung maupun rumah. Jenis rayap ini hidup di bawah permukaan tanah yang cukup lembab dengan suhu antara 25° samapi 35° Celcius. Saat terowongan lumpur yang mereka buat terlihat di permukaan, artinya koloni mereka yang di bawah tanah sudah tak cukup lagi menampung.

Untuk mencegah serangan rayap tanah tentu saja Anda harus memperhatikan kelembaban tinggi yang menjadi pemicu utama. Sehingga berbagai area seperti basement, fondasi , dinding kamar mandi atau dapur harus dipastikan cukup kering atau memiliki ventilasi yang baik.

Rayap kayu kering; serangga ini mampu menjaga kelembabannya sendiri melalui metabolisme dari produk kayu yang dimakannya. Karena tidak bergantung pada kelembaban, rayap ini bisa bertahan hidup dalam kayu berongga maupun kayu struktur bangunan. Dengan kata lan, mereka tinggal dalam makanan mereka sendiri.

Mencegah rayap ini bisa Anda mulai dari deteksi kotoran rayap di lantai maupun bagian bawah perabot kayu. Kotoran ini  berbentuk seperti pelet kecil atau menyerupai pasir dengan warna sesuai bahan kayu yang digerogoti oleh rayap tersebut.

Deteksi dini dari serangan rayap memang tidak dapat dikatakan mudah mengingat rayap bekerja di bawah permukaan tanah dan kayu. Inilah pentingnya menggunakan jasa anti rayap untuk melakukan treatment yang diperlukan sesuai kondisi bangunan dan tanah.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *